n Pengertian
I. Ilmu Sosial Dasar (ISD)
Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, ekonomi, psikologi sosial dan sejarah).
Ilmu Sosial Dasar biasanya dipelajari di perguruan tinggi negeri ataupun swasta dan merupakan mata kuliah yang wajib dipelajari di dunia perkuliahan dengan harapan dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat peduli terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi dilingkungan dan dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial dasar.
II. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Ilmu pengetahuan sosial merupakan kajian tentang lingkup sosial yang terjadi di masyarakat. Mulai dari interaksi sosial serta kegiatan sosial yang dilakukan. Kajian ilmu sosial ini sangat kompleks karena berhubungan dengan seluruh kehidupan manusia yang berada di masyarakat. Pada dasarnya seseorang harus mengerti tentang ilmu sosial, agar menjadi pegangan hidup dalam lingkungan masyarakat.
n Tujuan
I. Ilmu Sosial Dasar (ISD)
Tujuan mempelajari Ilmu Sosial Dasar adalah membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan penalaran yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik.
Dan disertai latar belakang diberikannya ISD ialah karena banyaknya kritik yang ditujukan pada sistem pendidikan kita oleh sejumlah para cendikiawan, terutama sarjana pendidikan, sosial dan kebudayaan.
II. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tujuan mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial ,yaitu:
1. Mengajarkan dan mengenalkan konsep yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat serta lingkungannya;
2. Mengembangkan pemikiran siswa agar memiliki sebuah kemampuan dasar. Kemampuan
tersebut meliputi pola pikir kritis dan logis. Tidak hanya itu, tetapi siswa juga dapat mendorong
rasa ingin tahu, bisa memecahkan sebuah permasalahan yang terjadi di dalam lingkungan sosial
masyarakat;
tersebut meliputi pola pikir kritis dan logis. Tidak hanya itu, tetapi siswa juga dapat mendorong
rasa ingin tahu, bisa memecahkan sebuah permasalahan yang terjadi di dalam lingkungan sosial
masyarakat;
3. Melatih siswa untuk melakukan kerja sama dengan orang lain. Dapat bekerja sama serta
berkomunikasi dengan anggota kelompoknya, Awalnya interaksi hanya dengan teman tetapi
semakin lama bisa dilakukan pada kompetensi tingkat nasional, lokal dan global;
berkomunikasi dengan anggota kelompoknya, Awalnya interaksi hanya dengan teman tetapi
semakin lama bisa dilakukan pada kompetensi tingkat nasional, lokal dan global;
4. Bisa membuat siswa untuk memiliki komitmen yang sangat tinggi dan menjunjung nilai sosial serta kemanusiaan.
Tujuan di atas dibangun berlandaskan pada kesesuaian materi ilmu sosial masyarakat. Membangun siswa yang dapat berinteraksi dengan baik dan memecahkan permasalahan di dalam lingkungan sosial.
n Ruang Lingkup
I. Ilmu Sosial Dasar (ISD)
Lingkup Ilmu Sosial mencakup segala aspek dalam kehidupan dimulai dari sikap dan kepribadian manusia yang mengakibatkan masalah sosial.Sikap manusia banyak karakteristik dan kita dapat mempelajari bagaimana memecahkan kasus masalah yang terjadi diantara karakteristik individu tersebut.
II. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Ruang Lingkup Ilmu Pengetahuan Sosial meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
a. Keruangan dan konektivitas antara ruang dan waktu;
b. Kehidupan suatu masyarakat bebangsa dan negara dari zaman ke zaman selanjutnya;
c. Jenis dan fungsi kelembagaan sosial,budaya dan politik dalam masyarakat;
d. Interaksi manusia dengan lingkungan alam,sosial,budaya dan ekonomi.
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar