Senin, 04 Oktober 2021

Media Sosial

                     Apa saja yang biasa disediakan oleh Media Sosial

Konten Media Sosial

Konten media sosial adalah konten yang dibuat oleh individu atau perusahaan untuk jejaring sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter. Platform ini sangat menarik bagi perusahaan karena memungkinkan interaksi yang lebih langsung dengan pengguna daripada ukuran pemasaran klasik. Namun, untuk mewujudkan efek penuhnya, setiap inisiatif konten yang digunakan juga harus berorientasi secara hati-hati pada kelompok sasaran dan tidak hanya menjadi ukuran periklanan lainnya.




Apa itu Konten Media Sosial? Ringkasan rinci

Platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter atau YouTube, kini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi ribuan orang yang menggunakannya untuk berbagi foto liburan, atau dari acara khusus. Media sosial dan isinya juga semakin berperan sebagai sumber informasi, bahkan telah menggantikan media tradisional seperti televisi atau surat kabar. Dengan demikian konten media sosial dapat memainkan peran penting dalam pemasaran konten perusahaan secara keseluruhanstrategi. Konten di saluran media sosial dapat memiliki jangkauan yang cukup besar, dan karena kedekatannya dengan pengguna seringkali terbukti lebih efektif daripada iklan klasik. Dalam keadaan tertentu, komentar positif di media sosial bahkan bisa mendongkrak peringkat Google. Namun, konten media sosial juga mengikuti aturannya sendiri, dan karenanya memerlukan strategi khusus sendiri.

Tingkat interaksi yang tinggi adalah fitur khusus dari media sosial – pengguna dapat memberikan umpan balik langsung atau mengomentari konten tertentu dengan mengklik tombol “Suka”, atau yang serupa. Selain itu, dengan berbagi konten, pengguna dapat secara langsung berkontribusi pada penyebaran konten tepat di media sosial. Agar sukses di media sosial dan dengan demikian mendapat untung dari promosi 'dari mulut ke mulut' pengguna, konten harus berkualitas tinggi dan juga diarahkan dengan hati-hati ke kelompok sasaran yang dipilih. Selain itu, platform yang dipilih juga harus dipertimbangkan: Manual multi-halaman atau brosur besar tidak boleh dipublikasikan melalui Twitter atau Instagram, dan serangkaian kalimat tunggal juga tidak akan terlihat bagus di Facebook.

Temukan Kata yang Tepat…Atau Gambar yang Tepat

Konten media sosial menawarkan banyak kemungkinan pemasaran kepada perusahaan. Tapi bagaimana Anda bisa menemukan strategi yang tepat untuk kehadiran online Anda di Facebook, Twitter atau Instagram? Sayangnya, tidak ada jawaban yang jelas untuk pertanyaan ini. Konten media sosial mana yang sesuai untuk perusahaan mana pun akan selalu bergantung pada tujuan pemasaran serta barang atau jasa yang ditawarkan setiap perusahaan. Namun demikian, ada beberapa tips yang akan memudahkan Anda dalam memilih strategi. Yang paling penting adalah memulai kampanye konten media sosial Anda dengan menggunakan beberapa format “coba dan teruji”, seperti:

  • Panduan dan instruksi manual
  • Tes dan pendapat ahli
  • Umpan berita singkat tentang acara khusus

Buku panduan dan tutorial adalah salah satu jenis konten media sosial yang paling populer, dan ini dibagikan di Facebook dan YouTube ribuan kali. Perusahaan yang ingin membuat produk dan layanan mereka lebih dikenal dan menarik dapat menggunakan saran sebagai pintu gerbang untuk konten media sosial. Misalnya, produsen lantai ubin dapat menawarkan kiat video untuk menunjukkan bagaimana ubin dapat diletakkan dengan cepat dan bersih. Inisiatif semacam itu menunjukkan kepada pengguna bahwa produsen tidak hanya tertarik untuk menjual produknya – ia juga ingin pembeli mencapai hasil terbaik. Sangat penting bahwa konten media sosial harus selalu jujur dan otentik - panduan apapun harus menjadi bantuan nyata, dan bukan hanya cara lain untuk iklan produk Anda sendiri yang telah menyamar sebagai tutorial.

Pendekatan sukses lainnya yang digunakan di bidang 'saran' ditunjukkan dengan baik oleh metode yang digunakan oleh pabrikan blender Blendtec. Serial video YouTube mereka “Apakah akan menyatu?” disambut antusias oleh komunitas media sosial dan terbukti sukses besar. Dalam setiap episode video, pendiri perusahaan memeriksa apakah benda, seperti iPhone atau berlian industri, dapat dihancurkan di salah satu blender perusahaannya – terkadang dengan hasil yang meledak-ledak. Konten lucu semacam ini sangat populer di media sosial, sehingga klip ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap popularitas merek. Selain itu, setiap video juga berfungsi sebagai iklan dengan pesan yang jelas: Produk Blendtec membuktikan diri bahkan di bawah kondisi yang paling keras sekalipun.

Testimonial atau pendapat ahli bisa sama efektifnya dengan panduan. Mengingat pesatnya perkembangan media sosial, tentu saja kontennya harus up-to-date. Jika sebuah laporan menyarankan para ilmuwan telah menemukan bahwa olahraga teratur tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga mengurangi stres terkait pekerjaan, ini bisa menjadi kesempatan sempurna bagi pusat kebugaran untuk memposting informasi yang menyoroti penelitian tersebut, baik di Facebook atau di blog. Itu selalu sangat penting untuk mendapatkan tip dan konten Anda benar-benar benar - karena dengan komunitas yang aktif, bahkan ketidakakuratan kecil dalam posting dengan cepat diketahui dan berdampak buruk pada kontributor. Demikian juga, iklan tidak pernah dihargai dalam tes, jadi pemasaran harus lebih fokus pada hasil atau hasil tes.

Pada kesempatan tertentu, kampanye pemasaran Twitter dapat digunakan dengan sangat efektif. Selama kunjungan pameran dagang, perusahaan dapat memberi tahu pengguna tentang produk dan perkembangan terkini melalui Twitter. Dan setiap kali produk baru diluncurkan, Twitter juga dapat membantu membangkitkan sensasi media. Pengguna dapat secara teratur diberitahu tentang peluncuran produk yang tertunda melalui posting reguler. Ini menciptakan harapan dan antisipasi tertentu untuk produk, yang kemudian dapat "diungkapkan" secara dramatis pada peluncuran pasar.

Langkah Selanjutnya – Rekrut Pengguna Anda

Pada prinsipnya, konten media sosial dapat dipublikasikan untuk tujuan pemasaran hanya dengan sedikit interaksi pengguna. Saran dan tes dapat dibagikan dan dikomentari, tetapi hanya sedikit yang dapat dilakukan dengan video atau dengan beberapa posting.

Kehadiran online perusahaan di Facebook, Instagram, dan Co. pada akhirnya bergantung pada interaksi pengguna tersebut. Jadi, penting untuk menyapa pengguna, meningkatkan rasa loyalitas mereka, dan paling baik menjadikan mereka pemilik merek yang akan cukup yakin untuk dengan senang hati merekomendasikan perusahaan dan produknya. Konten interaktif dapat memainkan peran yang berguna dalam mencapai tujuan ini, dan bahkan tindakan kecil dapat memiliki dampak yang besar. Sebuah survei Facebook, misalnya, adalah kesempatan bagi perusahaan untuk menunjukkan bahwa pendapat pelanggan penting bagi mereka. Poin penting di sini adalah bahwa survei seharusnya tidak memakan waktu lama – bagaimanapun juga, perusahaanlah yang menginginkan informasinya, dan bukan sebaliknya! Undian berhadiah dapat menghasilkan keajaiban dalam keadaan seperti itu.

Soal kuis dan kompetisi juga bisa menjadi pendorong nyata dalam hal pemasaran melalui konten media sosial. Kesempatan untuk menguji pengetahuannya sendiri – dan mungkin memenangkan sesuatu dalam prosesnya – terbukti sangat menarik bagi banyak orang. Kerangka kerja kuis dapat fokus pada topik tertentu, dan dengan demikian harus terkait dengan perusahaan sedapat mungkin. Ini membantu membangun hubungan pelanggan – jika mereka menikmati kuis, mereka akan kembali, atau mungkin membagikan kuis dan dengan demikian berkontribusi pada kesadaran merek Anda .

Pemasaran media sosial di mana pengguna membuat konten telah menjadi genre pemasaran yang sama sekali baru. Apa yang disebut konten buatan pengguna ini menuntut tingkat interaksi yang sangat tinggi karena ini terutama melibatkan pengguna daripada mereka yang mengoperasikan saluran media masing-masing. Setiap platform yang berpotensi cocok benar-benar membutuhkan komunitas penggemar yang aktif yang siap mencurahkan sebagian waktu luang mereka. Atau, pengguna dapat didorong untuk berpartisipasi dalam kompetisi dengan imbalan hadiah. Apakah kompetisi tentang penamaan produk baru, atau ide untuk produk baru lebih lanjut pada akhirnya merupakan pertimbangan sekunder, karena tujuan sebenarnya adalah untuk merekrut dan mengintegrasikan pelanggan dan pengguna Anda. Dengan demikian mereka akan mengidentifikasi lebih dekat dengan perusahaan, serta membantu meningkatkan citra perusahaan dan karena itu juga meningkatkan kesadaran merek.

Kesimpulan

Istilah “konten media sosial” mencakup semua jenis konten yang dibuat atau dipublikasikan di media sosial . Dengan menggunakan konten media sosial, perusahaan mencoba menjangkau pengguna pada tingkat yang berbeda dan lebih pribadi daripada yang dimungkinkan melalui Google AdWords atau jenis pemasaran online serupa . Konten otentik yang tidak dibuat untuk tujuan pemasaran murni dapat menawarkan nilai tambah yang nyata kepada pengguna. Panduan dan posting di Facebook, foto-cerita karyawan di Instagram, atau tweet reguler dari pendiri atau departemen pengembangan perusahaan membuat perusahaan tampak lebih manusiawi dan membantu menunjukkan keinginan mereka untuk terlibat dengan pelanggan mereka. Konten seperti kompetisi, kuis, dan undian mendorong pengguna untuk berinteraksi dengan perusahaan dan dengan demikian membantu meningkatkan loyalitas mereka terhadap merek.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak Positif dan Negatif Pandemi Covid-19 Bagi Diri Sendiri, Keluarga, dan Masyarakat Sekitar

Dampak Positif dan Negatif  Pandemi Covid-19 Bagi Diri Sendiri, Keluarga, dan Masyarakat Sekitar Pandemi Covid-19 Pandemi COVID-19 tel...