Apa saja yang biasa disediakan oleh Media Sosial
Konten Media Sosial
Konten media sosial adalah konten yang dibuat oleh individu atau perusahaan untuk jejaring sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter. Platform ini sangat menarik bagi perusahaan karena memungkinkan interaksi yang lebih langsung dengan pengguna daripada ukuran pemasaran klasik. Namun, untuk mewujudkan efek penuhnya, setiap inisiatif konten yang digunakan juga harus berorientasi secara hati-hati pada kelompok sasaran dan tidak hanya menjadi ukuran periklanan lainnya.
Apa itu Konten Media Sosial? Ringkasan rinci
Platform media sosial, seperti Facebook,
Instagram, Twitter atau YouTube, kini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari
bagi ribuan orang yang menggunakannya untuk berbagi foto liburan, atau dari
acara khusus. Media sosial dan isinya juga semakin berperan sebagai sumber
informasi, bahkan telah menggantikan media tradisional seperti televisi atau
surat kabar. Dengan demikian konten media sosial dapat memainkan peran
penting dalam pemasaran konten perusahaan
secara keseluruhanstrategi. Konten di saluran media sosial dapat memiliki
jangkauan yang cukup besar, dan karena kedekatannya dengan pengguna seringkali
terbukti lebih efektif daripada iklan klasik. Dalam keadaan tertentu,
komentar positif di media sosial bahkan bisa mendongkrak peringkat
Google. Namun, konten media sosial juga mengikuti aturannya sendiri, dan
karenanya memerlukan strategi khusus sendiri.
Tingkat interaksi yang tinggi adalah fitur
khusus dari media sosial – pengguna dapat memberikan umpan balik langsung atau
mengomentari konten tertentu dengan mengklik tombol “Suka”, atau yang
serupa. Selain itu, dengan berbagi konten, pengguna dapat secara langsung
berkontribusi pada penyebaran konten tepat di media sosial. Agar sukses di
media sosial dan dengan demikian mendapat untung dari promosi 'dari mulut ke
mulut' pengguna, konten harus berkualitas tinggi dan juga diarahkan dengan
hati-hati ke kelompok sasaran yang dipilih. Selain itu, platform yang
dipilih juga harus dipertimbangkan: Manual multi-halaman atau brosur besar
tidak boleh dipublikasikan melalui Twitter atau Instagram, dan serangkaian
kalimat tunggal juga tidak akan terlihat bagus di Facebook.
Temukan Kata yang Tepat…Atau Gambar yang Tepat
Konten media sosial menawarkan banyak
kemungkinan pemasaran kepada perusahaan. Tapi bagaimana Anda bisa
menemukan strategi yang tepat untuk kehadiran online Anda di Facebook, Twitter
atau Instagram? Sayangnya, tidak ada jawaban yang jelas untuk pertanyaan
ini. Konten media sosial mana yang sesuai untuk perusahaan mana pun akan
selalu bergantung pada tujuan pemasaran serta barang atau jasa yang ditawarkan
setiap perusahaan. Namun demikian, ada beberapa tips yang akan memudahkan
Anda dalam memilih strategi. Yang paling penting adalah memulai kampanye
konten media sosial Anda dengan menggunakan beberapa format “coba dan teruji”,
seperti:
- Panduan dan instruksi manual
- Tes dan pendapat ahli
- Umpan berita singkat tentang
acara khusus
Buku panduan dan tutorial adalah salah satu
jenis konten media sosial yang paling populer, dan ini dibagikan di Facebook
dan YouTube ribuan kali. Perusahaan yang ingin membuat produk dan layanan
mereka lebih dikenal dan menarik dapat menggunakan saran sebagai pintu gerbang
untuk konten media sosial. Misalnya, produsen lantai ubin dapat menawarkan
kiat video untuk menunjukkan bagaimana ubin dapat diletakkan dengan cepat dan
bersih. Inisiatif semacam itu menunjukkan kepada pengguna bahwa produsen
tidak hanya tertarik untuk menjual produknya – ia juga ingin pembeli mencapai
hasil terbaik. Sangat penting bahwa konten media sosial harus selalu
jujur dan otentik - panduan apapun harus menjadi bantuan nyata, dan bukan hanya
cara lain untuk iklan produk Anda sendiri yang telah menyamar sebagai tutorial.
Pendekatan sukses lainnya yang digunakan di
bidang 'saran' ditunjukkan dengan baik oleh metode yang digunakan oleh pabrikan
blender Blendtec. Serial video YouTube mereka “Apakah akan
menyatu?” disambut antusias oleh komunitas media sosial dan terbukti
sukses besar. Dalam setiap episode video, pendiri perusahaan memeriksa
apakah benda, seperti iPhone atau berlian industri, dapat dihancurkan di salah
satu blender perusahaannya – terkadang dengan hasil yang
meledak-ledak. Konten lucu semacam ini sangat populer di media sosial,
sehingga klip ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap popularitas
merek. Selain itu, setiap video juga berfungsi sebagai iklan dengan pesan
yang jelas: Produk Blendtec membuktikan diri bahkan di bawah kondisi yang
paling keras sekalipun.
Testimonial atau pendapat ahli bisa sama
efektifnya dengan panduan. Mengingat pesatnya perkembangan media sosial,
tentu saja kontennya harus up-to-date. Jika sebuah laporan menyarankan
para ilmuwan telah menemukan bahwa olahraga teratur tidak hanya baik untuk
kesehatan tetapi juga mengurangi stres terkait pekerjaan, ini bisa menjadi
kesempatan sempurna bagi pusat kebugaran untuk memposting informasi yang
menyoroti penelitian tersebut, baik di Facebook atau di blog. Itu selalu
sangat penting untuk mendapatkan tip dan konten Anda benar-benar benar - karena
dengan komunitas yang aktif, bahkan ketidakakuratan kecil dalam posting dengan
cepat diketahui dan berdampak buruk pada kontributor. Demikian juga, iklan
tidak pernah dihargai dalam tes, jadi pemasaran harus lebih fokus pada hasil
atau hasil tes.
Pada kesempatan tertentu, kampanye pemasaran
Twitter dapat digunakan dengan sangat efektif. Selama kunjungan pameran
dagang, perusahaan dapat memberi tahu pengguna tentang produk dan perkembangan
terkini melalui Twitter. Dan setiap kali produk baru diluncurkan, Twitter
juga dapat membantu membangkitkan sensasi media. Pengguna dapat secara
teratur diberitahu tentang peluncuran produk yang tertunda melalui posting
reguler. Ini menciptakan harapan dan antisipasi tertentu untuk produk,
yang kemudian dapat "diungkapkan" secara dramatis pada peluncuran
pasar.
Langkah Selanjutnya – Rekrut Pengguna Anda
Pada prinsipnya, konten media sosial dapat
dipublikasikan untuk tujuan pemasaran hanya dengan sedikit interaksi
pengguna. Saran dan tes dapat dibagikan dan dikomentari, tetapi hanya
sedikit yang dapat dilakukan dengan video atau dengan beberapa posting.
Kehadiran online perusahaan di Facebook,
Instagram, dan Co. pada akhirnya bergantung pada interaksi pengguna
tersebut. Jadi, penting untuk menyapa pengguna, meningkatkan rasa
loyalitas mereka, dan paling baik menjadikan mereka pemilik merek yang akan
cukup yakin untuk dengan senang hati merekomendasikan perusahaan dan
produknya. Konten interaktif dapat memainkan peran yang berguna dalam
mencapai tujuan ini, dan bahkan tindakan kecil dapat memiliki dampak yang
besar. Sebuah survei Facebook, misalnya, adalah kesempatan bagi perusahaan
untuk menunjukkan bahwa pendapat pelanggan penting bagi mereka. Poin
penting di sini adalah bahwa survei seharusnya tidak memakan waktu lama –
bagaimanapun juga, perusahaanlah yang menginginkan informasinya, dan bukan
sebaliknya! Undian berhadiah dapat menghasilkan keajaiban dalam keadaan
seperti itu.
Soal kuis dan kompetisi juga bisa menjadi
pendorong nyata dalam hal pemasaran melalui konten media
sosial. Kesempatan untuk menguji pengetahuannya sendiri – dan mungkin
memenangkan sesuatu dalam prosesnya – terbukti sangat menarik bagi banyak
orang. Kerangka kerja kuis dapat fokus pada topik tertentu, dan dengan
demikian harus terkait dengan perusahaan sedapat mungkin. Ini membantu
membangun hubungan pelanggan – jika mereka menikmati kuis, mereka akan kembali,
atau mungkin membagikan kuis dan dengan demikian berkontribusi pada kesadaran merek Anda .
Pemasaran media sosial di mana pengguna
membuat konten telah menjadi genre pemasaran yang sama sekali baru. Apa
yang disebut konten buatan pengguna ini menuntut tingkat interaksi yang sangat
tinggi karena ini terutama melibatkan pengguna daripada mereka yang
mengoperasikan saluran media masing-masing. Setiap platform yang
berpotensi cocok benar-benar membutuhkan komunitas penggemar yang aktif yang
siap mencurahkan sebagian waktu luang mereka. Atau, pengguna dapat
didorong untuk berpartisipasi dalam kompetisi dengan imbalan
hadiah. Apakah kompetisi tentang penamaan produk baru, atau ide untuk
produk baru lebih lanjut pada akhirnya merupakan pertimbangan sekunder, karena
tujuan sebenarnya adalah untuk merekrut dan mengintegrasikan pelanggan dan
pengguna Anda. Dengan demikian mereka akan mengidentifikasi lebih dekat dengan
perusahaan, serta membantu meningkatkan citra perusahaan dan karena itu juga
meningkatkan kesadaran merek.
Kesimpulan
Istilah “konten media sosial” mencakup semua
jenis konten yang dibuat atau dipublikasikan di media sosial . Dengan menggunakan konten media
sosial, perusahaan mencoba menjangkau pengguna pada tingkat yang berbeda dan
lebih pribadi daripada yang dimungkinkan melalui Google AdWords atau
jenis pemasaran
online serupa . Konten
otentik yang tidak dibuat untuk tujuan pemasaran murni dapat menawarkan nilai
tambah yang nyata kepada pengguna. Panduan dan posting di Facebook,
foto-cerita karyawan di Instagram, atau tweet reguler dari pendiri atau
departemen pengembangan perusahaan membuat perusahaan tampak lebih manusiawi
dan membantu menunjukkan keinginan mereka untuk terlibat dengan pelanggan
mereka. Konten seperti kompetisi, kuis, dan undian mendorong pengguna
untuk berinteraksi dengan perusahaan dan dengan demikian membantu meningkatkan
loyalitas mereka terhadap merek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar