Contoh Penerapan E-Business
A.
E-Business
Pengertian
e-Business
Definisi E-business adalah kegiatan bisnis yang
dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti
komputer dan internet.
Kegiatan E-business juga memungkinkan suatu perusahaan
untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara
lebih efisien dan fleksibel.
Bentuk
Hubungan Bisnis e-business
Terdapat lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis
berdasarkan transaksinya :
·
Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha
bisnis)
·
Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha
bisnis dengan konsumen)
·
Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang
satu dengan konsumen yang lain)
·
Consumer to Business (perdagangan antar konsumen
dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
·
Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup
intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.
Tahapan
E-business
Terdapat empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan
internet untuk tujuan e-business, di mana terjadi transformasi perusahaan
tradisional ke e-business, antara lain :
·
Mendayagunakan komputer
·
Mendayagunakan jaringan dan internet (seperti email,
chat messanger, IRC, dll,.)
·
Membangun dan mendayagunakan web
·
E – commerce
Manfaat dan
Kegunaan e-business
Manfaat dan kegunaan dari e-business diantaranya
adalah untuk :
·
Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
·
Efisien dan Efektif
·
Peningkatan produktivitas dan keutungan
Alat dan
Media
Alat dan media atau sumber yang digunakan dalam
e-bisnis adalah :
·
Teknologi informasi dan komunikasi
·
Komputer
·
Internet
·
Kegiatan Sasaran
·
Kegiatan bisnis
·
Proses bisnis utama
·
Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi.
Pelaku
E-Business
Pelaku e-business diantaranya :
·
Perusahaan
·
Konsumen
·
Perusahaan
·
Supllier
·
Rekan bisnis
B.
Contoh Penerapan E-Business
Indonesia
Air Asia (www.airasia.com)
Melalui
airasia.com, maka customer hanya perlu mengakses situs tersebut untuk melakukan
reservasi tiket pesawat, bahkan lebih jauh lagi mereka dapat melakukan
reservasi hotel dan berbagai paket menarik yang ditawarkan oleh Air Asia.
e-business terbaik di Indonesia saat ini adalah e-business yang dimiliki oleh
perusahan penerbangan Indonesia Air Asia, yaitu www.airasia.com. Alasan saya memilih
Air Asia adalah karena keunggulan sistem e-business yang dimilikinya, yaitu:
·
Dengan sistem e-business, Air Asia dapat melakukan efisiensi biaya seperti
komisi untuk travel agent.
·
Dengan e-business, Air Asia tidak perlu membuat sistem Human Resource sebanyak
pada perusahaan penerbangan lainnya.
·
E-business yang diterapkan Air Asia termasuk dalam Business to Consumer dimana
aplikasi ini ditujukan agar konsumer dapat langsung berhubungan dengan
pihak perusahaan tanpa harus melalui perantara seperti sistem reservasi
konvensional.
·
Penerapan e-business pada Air Asia memberikan keuntungan baik untuk pihak
perusahaan maupun bagi pihak customer.
·
Sistem yang digunakan sebagai Point of Sales disebut dengan Global Distribution
System (GDS) dimana GDS ini memiliki interface yang berupa Graphical User
Intrface (GUI) yang berhadapan langsung dengan pelanggan.
Saat
pelanggan berinteraksi dengan sistem melalui GUI, maka sistem tersebut secara
real-time akan melakukan proses-proses back office diantaranya melakukan
validasi, otorisasi, dan konfirmasi yang akhirnya akan memberikan pelanggan
suatu bukti penjualan tiket dan bukti tersebutlah yang digunakan sebagai tiket
pesawat.
Referensi:
https://lestarinurbudi.wordpress.com/2016/04/10/e-business-2/
https://wikishare27.wordpress.com/e-commerce-dan-e-business/
http://faisalksiuts.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar